GUA ALAM TAMPANG ALLO

Gua Alam Tampang Allo terletak Kelurahan Kaero, Kecamatan Sangalla, Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Indonesia. Sekitar 23 km sebelah selatan Rantepao atau sekitar 9 km sebelah barat Makale yang letaknya dengan ketinggian 807m dpl dengan posisi koordinat S 03°05’15.0” dan E 119°54’11.1”.

Di kuburan gua alam Tampang Allo terdapat puluhan erong (peti mayat berbentuk binatang), tau-tau (patung), tengkorak dan tulang-belulang orang Toraja zaman dulu.

Memasuki kawasan kuburan gua alam Tampang Allo melewati pematang sawah sekitar 50m dari jalan raya dan di depan Tampang Allo terdapat hamparan sawah.

Pada sekitar abad ke-16 oleh penguasa Sangalla’, Sang Puang Menturino bersama istrinya Rangga Bulaan memilih Gua Tampang Allo sebagai tempat pemakamannya kelak jika mereka meninggal dunia.

gua alam tampang allo

Menurut legenda masyarakat di Tampang Allo, Rangga Bulaan meninggal lebih dahulu dan jenazahnya dimasukkan ke dalam Erong dan diletakkan dalam gua Tampang Allo. Sedangkan Sang Puang Manturino pada saat meninggal Erong ditempatkan pada pemakaman Losso’ tidak jauh dari Tampang Allo. Entah bagaimana kemudian erong Sang Puang ternyata kosong. Sedangkan jenasahnya telah bersatu dengan jenazah istrinya di Tampang Allo.

Harga tiket masuk untuk wisatawan lokal lebih murah dari untuk wisatawan asing.

Kuburan Goa Alam Tampang Allo

Share on Facebook0Email this to someoneTweet about this on Twitter0Share on Google+0Print this page

Leave a Reply