Kuburan Bayi (Baby Grave)

1. Kambira

Kuburan Bayi Kambira terletak 9 km dari kota Makale ibukota kabupaten Tana  Toraja dengan ketinggian 780 m dpl dengan posisi koordinat S 03°04’33.3” dan E 119°51’56.2”.

Memasuki kawasan kuburan Bayi Kambira melewati anak tangga menurun sekitar 50 m dan kita akan menemukan pohon yang besar dan tinggi yang disebut Pohon Tarra’ (bahasa Toraja) memiliki diameter sekitar 80-120 cm dan disekitarnya terdapat rimbunan pohon bambu.

Baby Grave KambiraTangga menuju baby grave Kambira

Pilihan Pohon Tarra‘ sebagai kuburan bayi karena memiliki banyak getah, yang dianggap sebagai pengganti air susu ibu. Dan mereka menganggap seakan-akan bayi tersebut dikembalikan ke rahim ibunya dengan harapan akan menyelamatkan bayi-bayi yang lahir kemudian.

Kuburan bayi ini disebut Passiliran. Bayi yang meninggal sebelum giginya tumbuh dikuburkan di dalam sebuah lubang di pohon Tarra‘ kemudian ditutup dengan ijuk pohon enau . Bayi tersebut masih dianggap suci.

Uniknya, tidak ada bau busuk yang tercium sama sekali walaupun lubang-lubang tersebut berisi mayat. Pemakaman ini hanya dilakukan oleh orang Toraja pengikut Aluk Todolo (kepercayaan kepada leluhur).

Penempatan jenazah bayi di pohon ini, sesuai dengan strata sosial masyarakat. Makin tinggi derajat sosial keluarga itu maka makin tinggi letak bayi yang dikuburkan di batang pohon Tarra’.
Bayi yang meninggal dunia diletakkan sesuai arah tempat tinggal keluarga yang berduka.

Tiket masuk untuk wisatawan lokal Rp. 10.000 dan Rp. 20.000 untuk wisatawan luar negeri.

Baby Grave KambiraPohon Tarra’ Baby Grave Kambira

2. Sarapung

Sekitar 300m dari Kambira terdapat juga Kuburan Bayi Sarapung, Pohon Tarra’ Sarapung memiliki diameter lebih kecil dari pohon Tarra’ Kambira, Tetapi pohon tersebut masih bertumbuh terus dengan ranting dan cabang pohon lebih banyak dan daun yang lebat.

Baby Grave SarapungPohon Tarra’ Baby Grave Sarapung

 

 

Share on Facebook0Email this to someoneTweet about this on Twitter0Share on Google+0Print this page

69 comments

Leave a Reply