PANGO-PANGO

Pango-pango terletak sekitar 7 km sebelah selatan kota Makale. Berada di ketinggian kurang lebih 1100 meter dari permukaan laut dengan hawa yang dingin dan lingkungan alam yang alami ditanami berbagai macam tanaman local seperti kopi, coklat, enau, tamarillo, kacang tanah, jagung dan beragam sayuran serta lainnya pada wilayah ini.

Sunset Pango-pango

Pemandangan ke dataran rendah dimana kota Makale dapat disaksikan dan bahkan sekeliling Toraja. Selain alam yang indah, rencananya tempat ini akan difokuskan untuk lokasi trekking, camping, ecotourism dan sebagai tempatpemerint sepeda gunung.

Pango-pango  Selain itu masih di sekitar kawasan Pango-pango, di kampung Surruk direncanakan menjadi wisata kopi Toraja mulai dari proses pembibitan, penanaman pemetikan, dan pengolahan kopi secara tradisional hingga siap untuk dicicipi yang dikerjakan oleh masyarakat setempat. Bagi yang suka softrekking dapat melanjutkan ke Bera sambil melihat/terlibat dalam aktivitas penduduk setempat memandikan dan memberi makan ternak kerbau dan babi. Di Bera salah satu penghasil tuak (palm wine) terbaik di Toraja. Di sini anda diajak menyaksikan dan dilibatkan dalam proses pengambilan tuak (palm wine) dan mencicipinya.

Share on Facebook0Email this to someoneTweet about this on Twitter0Share on Google+0Print this page

3 comments

Leave a Reply